Rabu, 23 Juni 2010

Bus Sumber Kencono, Fenomena atau Gladiator?




KENAPA bus PO Sumber Kencono yang berbasis di Krian, Sidoarjo sering
kecelakaan? Dalam perspektif saya, selama belum ada undang-undang pembatasan
kecepatan kendaraan di jalan raya, jangan harap bus-bus yang melaju di jalanan
akan terkontrol kecepatannya. Sebaliknya, nikmatilah keganasan mesin-mesin bus
ber-cc besar yang digeber habis di jalan raya.

Sumber Kencono (SK) adalah fenomena yang nyata. SK adalah mesin uang bagi
pemilik PO itu, bagi crew, dan sebagian besar pengguna jasanya. Banyak pengamen
dan pedagang asongan yang menggantungkan hidup dari SK di jalur
Surabaya-Madiun- Solo-Jogja, Surabaya-Madiun-Solo-Semarang.

Sang fenomena ini berangkat tiap interval sekitar 20 menit sekali selama 24 jam
non stop di jalur Surabaya-Madiun-Solo-Jogja. Banyak konsumen bus yang jadi penumpang bus ini dan selalu menantinya yang akan membawa mereka ke kota tujuan. Di jalur Surabaya-Jogja PP belum ada PO lain
yang bisa menandingi ‘kedigdayaan’ PO ini.
Walaupun sering terjadi kecelakaan baik fatal maupun ringan, tidak menyurutkan penggemarnya untuk tetap menggunakan jasa bus ini.
Coba anda naik bus satu ini. Dalam perjalanan Anda pasti akan disuguhi fenomena
yang nyata. Seringnya sesama bus SK yang saling berpapasan. Dekatnya interval
pemberangkatan bus satu dengan bus SK di depan dan di belakangnya.
Berjubelnya penumpang pada jam dan hari tertentu yang menaiki bus ini.
Semua karena populasi armada SK yang memang banyak dan menguasai jalur ini, walaupun

ada kompetitor lain seperti PO Mira, PO Eka, PO Akas atau PO Restu.
Dengan karakter pengemudi tunggal yang membawa bus untuk perjalanan satu rit
(pergi-pulang), maka pengemudi dituntut tiba di tujuan lebih awal untuk
memaksimalkan waktu istirahat yang lebih panjang di terminal. Alhasil, sopir
dituntut memacu busnya cepat dan cepat. Whuss whusss…

Sumber Kencono AC Tarif Biasa


akhirnya, terobosan yang ditunggu tunggu udah dateng, Bis Sumber Kencono dengan fasilitas AC tetapi tarif biasa (ATB), Surabaya – Yogya PP Rp 38.000,- sekali jalan. Terobosan ini setelah temenku, si pemilik PO SK, aku sms (kalo aku bisa kenal, asyik, sayang hal ini sementara hanya mimpi) kasi tau dia kalo bis-nya harus bikin terobosan, karena musuh bebuyutannya, mbak Mira udah pake ATB juga, dan banyak, belom lagi si Restu dengan Panda-nya, membuat bis SK jadi pilihan terakhir pada siang hari, secara di jawa timur itu panas ajegile.


Sumber Kencono AC

Bis ini (katanya) pake Hino seri A215 mesin depan, pake baju (karoseri) Laksana tipe Nucleus 3, berikut sedikit review detil teknis dari bung Awan di milis BMC:

  1. Ternyata versi Nucleus 3 dengan penambahan Grill garang standard SK begitu sempurna… hal ini sangat berbeda dengan seri Nucleus 3 sebelumnya yang diekonomikan seperti milik HJ, Dali Mas, dll… Nucleus berubah menjadi image yang Kokoh dan Gagah… ! Hal ini tidak salah jika ditawarkan Laksana baik untuk bus bermesin depan maupun bermesin belakang. Saya jadi teringat AKAS NNR yang menambahkan grill untuk armada rear engine nya…hasilnya juga perfect
  2. Versi ini bahkan sangat cocok dipadukan dengan Legacy sebagai varian terbaru dari Laksana… utek utek imajinasi… wajah Nucleus 3R, belakang Legacy…
  3. Saatnya Laksana memasukan model ini sebagai varians baru produk ” Nucleus 3R”.

Beberapa tulisan di milis juga memberikan review bagus untuk suspensi Hino A215 yang katanya nyaman dan tidak berasa naek bis mesin depan (yang tersohor dengan suspensi keras). Saya juga sudah nyobain waktu turing singkat ke ngawi, empuk suspensinya dan enak banget larinya.

Pertarungan bis Sumber Kencono dengan bis Mira ini terjadi di 3 lini

2 komentar:

  1. sumber kencono memang bus yang paling ugal ugalan dibanding bus bus yang lain makanya sering kecelakaan, kualitas bus sumber kencono sangat buruk sekali dibanding yang lain karena itu saya mengecap sumber kencono yang paling burukkkk.!

    BalasHapus
  2. jangan pernah menyalahkan armadanya... Sebaik apapun Armadanya kalau memang Manusianya masih di tuntut untuk memenuhi target yang di tentukan perusahah maka kecelakaan itu selalu ada... coba PO Sumber Kencono Buat Trobosan baru, Semua kru PO Sumber kencono di Gaji Bulanan yang pasti... Pasti akan mengurangai terjadinya Kecelakan pada PO Sumber Kencono... Faktor SDM lebih yang perlu diperhatikan...

    BalasHapus